Kamis, 17 September 2015

6 Mitos Seputar Menstruasi


Benarkah selama masa haid sebaiknya tidak mencuci rambut dulu? 

Benarkah selama masa haid sebaiknya tidak mencuci rambut dulu? Faktanya adalah salah. Mencuci rambut adalah hal yang kita lakukan dalam menjaga kebersihan kulit kepada dan rambut. Tidak hanya dapat menyehatkan, Anda juga terjauh dari kondisi penyakit kulit kepala dan rambut akibat kuman dan kulit kepala kotor.
Mitos lainnya seputar menstruasi masih banyak salah kaprah beredar. Tidak sedikit khalayak yang masih melakukan praktik kesalahkaprahan tersebut. Apa sajakah mitos dan fakta seputar menstruasi yang masih kerap salah paham di masyarakat?
Berikut penjelasan selengkapnya:
1. Mitos: Dilarang berolahraga selama menstruasi
Fakta: Kecuali Anda mengalami kram parah (dismenorea) atau volume darah menstruasi yang berlebihan (menoragia) yang mengganggu kemampuan Anda untuk melakukan kegiatan fisik, tidak ada alasan untuk tidak berolahraga selama menstruasi. Bahkan, banyak ahli kesehatan merekomendasikan olahraga selama menstruasi untuk membantu mengurangi kram. 

2. Mitos: Minum obat nyeri haid dapat mengakibatkan rahim kering
Fakta: Dunia kedokteran tidak mengenal istilah rahim kering. Ungkapan tersebut digunakan oleh masyarakat awam untuk memperhalus istilah ‘kemandulan’ di mana mereka mengibaratkan rahim yang tidak bisa mengandung sebagai ladang gersang yang tidak bisa menghasilkan panen. Lagi pula, obat nyeri haid bekerja di sistem saraf pusat (bukan bekerja di area rahim atau kewanitaan), sehingga tidak akan mempengaruhi rahim.
3. Mitos: Perempuan tidak bisa hamil jika ia berhubungan seksual selama menstruasi
Fakta: Sperma bisa hidup selama tiga hingga empat hari di tubuh perempuan, dan bila periode menstruasi terlalu pendek (kurang dari 28 hari), ovulasi terjadi pada masa-masa menstruasi berlangsung.
4. Mitos: Saat menstruasi tidak boleh berenang
Fakta: Berenang saat menstruasi sah-sah saja asal Anda tetap memakai pembalut.
5. Mitos: Saat menstruasi tidak boleh mencuci rambut
Fakta: Pada saat menstruasi, menjaga kebersihan tubuh sangatlah penting. Pada kenyataannya, mandi air hangat dapat meringkankan kram menstruasi dan ketegangan selama pra menstruasi.
6. Mitos: PMS itu tidak nyata, itu hanyalah pikiran perempuan saja
Fakta: PMS, atau sindrom pra menstruasi, adalah hal yang benar-benar terjadi pada perempuan. Gejalanya biasanya dimulai satu atau dua minggu sebelum menstruasi, seperti nyeri pada payudara, timbul jerawat, sakit kepala, perubahan suasana hati, depresi, kecemasan, dan lain-lain.
sumber: dr. Devina Nova Estikaratri