Kamis, 17 September 2015

6 Tips Bebas Kantung Mata


Kantung mata merupakan salah satu tanda penuaan yang muncul paling awal. Inilah beberapa tips agar kantung mata hilang dan menjaganya terlihat muda.

Mata merupakan salah satu tanda penuaan yang muncul paling awal.
Yuk, Ikuti 6 tips di bawah ini untuk menjaga mata terlihat muda dan bebas kantung mata:
1. Jangan merokok dan selalu aplikasikan tabir surya di kulit sekitar mata. Merokok dan pajanan sinar ultraviolet melemahkan kolagen dan dapat menyebabkan munculnya keriput dan “turunnya” kulit mata.
2. Gunakan pelembab pada area mata pada malam hari.Pelembab jenis apa pun dapat memberikan hidrasi yang diperlukan oleh area tersebut.
3. Gunakan krim vitamin A atau asam retinoid (tretinoin) sebagai regimen perawatan kulit harian. Regimen ini digunakan untuk mencegah keriput dan memperbaiki garis-garis kulit wajah yang sudah ada.

4. Untuk mengatasi mata yang bengkak, gunakan sendok yang sudah didinginkan, potongan timun, atau kantung teh yang sudah dimasukkan ke dalam freezer. Suhu dingin yang ada dapat mengurangi pembengkakan yang ada.
5. Ganti posisi tidur. Posisi tidur dapat berkontribusi terhadap timbulnya kantung mata. Karena daya gravitasi, tidur dalam posisi miring atau tengkurap menyebabkan cairan terkumpul di bawah mata. Sebaiknya tidur dalam posisi terlentang dan gunakan bantal ekstra.
6. Hindari menggosok-gosok mata, tidur tanpa membersihkan make-up, minum minuman alkohol dalam jumlah berlebih yang menyebabkan dehidrasi.
Bila kantung mata muncul tiba-tiba dan tidak dapat hilang dengan langkah-langkah di atas maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter Anda. Beberapa masalah tiroid dan ginjal dapat menyebabkan retensi cairan pada bagian bawah mata.
Sumber: 
dr. Puti Naindra Alevia