Kamis, 17 September 2015

Seram! Lagu Nina Bobo Ternyata Menyimpan Cerita Horor!


Anda tentu tidak asing dengan salah satu lagu pengantar tidur anak yang sangat tak asing ditelinga satu ini. Mungkin banyak juga dari Anda yang saat masih kecil sering dinyanyikan lagu ini oleh orangtua Anda sesaat sebelum beranjak tidur. Namun, tahukah Anda? Rumor misteri yang terkandung dalam lagu Nina Bobo tersebut?
Judul lagu Nina Bobo ternyata diambil dari nama seorang gadis berdarah campuran Indonesia dan Belanda yang memiliki nama asli Helenina Mustika Van Rodjnik. Gadis Kelahiran tahun 1871 itu memang terbiasa dinyanyikan lagu ini oleh ibunya sejak kecil setiap kali sebelum beranjak tidur. Konon, putri cantik dari seorang Kapten Van Rodjnik, Helenina dikisahkan selalu susah tidur.
Sehingga setiap kali akan tidur, membuat sang ibu harus menyanyikan senandung pegantar tidur untuk Nina kecil. Seiring berjalannya waktu kebiasaan ini menjadi ritual yang tak bisa terlewatkan setiap malam hari. Jika tidak dinyanyikan, bisa dipastikan gadis cantik ini tak akan memejamkan matanya.
Karena kebiasaan ini, Kapten Van Rodjnik meminta kepada istrinya untuk membuat sebuah lirik lagu untuk Nina menjelang tidur. Maka, dibuatlah lirik Nina Bobo yang hingga sekarang kerap dilantunkan oleh masyarakat luas untuk menidurkan anak-anak mereka. Pada 1875, Helenina sakit parah akibat demam tinggi. Hingga pada akhirnya tahun 1877, Helenina meninggal dunia pada usia 6 tahun.
Setelah kepergian Helenina, kejadian aneh seringkali menyelimuti rumah pasangan ini. Satu hari pernah sang suami menemukan istrinya sedang menyanyikan lagu ini seorang diri di dalam kamar mandi. Konon kata sang istri mendengar suara tangisan Helenina disana sehingga sang ibu harus menyanyikan lagu Nina Bobo itu.
Teror mencekam ini ternyata tak berhenti sampai disitu, bahkan sang ibu seringkali menyenandungkan lagu ini hingga bertahun-tahun sampai pada akhirnya benar-benar tak bisa bernyanyi lagi pada tahun 1929 karena sang ibu harus menemui ajalnya.
Setelah kepergian sang istri, permintaan dari alam lain untuk tetap menyanyikan lagu Nina Bobo kerap menghantui Kapten Van Rodjnik lewat suara tangisan meronta. Sampai beberapa kali ia pernah bermimpi didatangi sesosok anak kecil yang mirip dengan Helenina seperti sedang menangis meminta untuk dinyanyikan lagu itu.
Setelah malam itu, pikiran Kapten Van Rodjnik jadi terganggu. Akhirnya, dia selalu menyanyikan lagu Nina Bobo sendirian di kamarnya tiap malam, hingga meninggal. Legenda yang beredar, jika seorang bayi terlelap setelah dinyanyikan lagu ini, maka bisa dipastikan jika roh tak kasat mata Helenina datang untuk membuat bayi tersebut tidur terlelap hingga keesokan harinya. Masih berani nyanyi lagu ini? Hiii...!
sumber: sooperboy.com