Kamis, 22 Oktober 2015

Bos Sonangol Ditangkap Polisi Beijing, Bagaimana Nasib Surya Paloh-Jokowi?


Sam Pa, Bos Sonangol, Rekan Surya Paloh Ditangkap Polisi di Beijing

Sam Pa, bos besar Sociedade Nacional de Combustiveis de Angola EP (Sonangol EP), perusahaan minyak yang tahun lalu mendapatkan deal langsung dari Presiden Joko Widodo untuk memasok minyak ke Indonesia ditahan polisi di Beijing.

Dilansir dari Reuters, Kamis (15/10), Sam Pa ditangkap polisi Beijing terkait penyelidikan kasus dugaan korupsi yang melibatkan Gubernur Provinsi Fujian, Su Shulin. Su Shulin adalah mantan bos Sinopec. Ia dituduh membantu rekan-rekan dan kerabatnya mendapatkan kontrak pembangunan depot minyak raksasa di Tiongkok.

Sepertinya ada yang sedang cemas luar biasa ya..."You know who" ?? Bukan Tom Riddle ya, tapi Pak Surya owner Metro...

Setelah OC Kaligis, yang merupakan Ketua Mahkamah Nasdem (sekarang sudah ex) dan Patrice Rio Capella, Mantan Ketua, terus jadi Sekjen Nasdem (besok dah ex juga), dan menyusul Tengku Erry Nuradi, Ketua DPW Nasdem Sumut, ada lagi yang membuat dia ketar-ketir, bahkan lebih ketar-ketir daripada runtuhnya Nasdem.

Apa sih?

Yap, kerajaan bisnisnya bisa terkoyak-koyak luar biasa. Ingat Sonangol yang dapat 'doorprize' jual Minyak ke Indonesia hanya seminggu sejak Presiden baru Indonesia Jokowi dilantik? Nah, cukong proyek ini 'sang Mafia Afrika-Asia' Mr. Sam Pa alias Xu Jinghua ditahan dan sedang menjalani investigasi ketat karena dugaan korupsi.

Surya Paloh dan Impor Minyak Angola
(Jumat, 7 November 2014)

Nama Sonangol mungkin tak akrab di sebagian besar telinga kita. Tapi, nama perusahaan minyak milik Angola itu adalah senjata Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membabat peran trader dalam impor minyak.

Sebab, Jokowi telah menunjuk Sonangol EP sebagai pemasok sebagian kebutuhan minyak Indonesia, mengurangi peran Petral. Akhir Oktober lalu, kesepakatan itu sudah diteken antara Pertamina dan Sonangol.

Nah, cerita yang bakal seru, Surya Paloh adalah pembisik utama nama Sonangol EP ke telinga Jokowi. Benarkah?

Pendiri Partai Nasdem ini tak menampik. Ia mengakui  menyarankan Presiden Jokowi agar Pertamina bekerjasama dengan Sonangol. "Tapi saran kecil saja," ujar Surya kepada Kontan di Kantor Partai Nasdem, Jakarta, Kamis (6/11/2014), dengan nada merendah.

(http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2014/11/07/082157126/Surya.Paloh.dan.Impor.Minyak.Angola)

Bos Sonangol ini juga yang berperan atas pembangunan gedung megah Gedung Indonesia Satu di bilangan Thamrin yang diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi.

Jokowi Resmikan Gedung Rp 8 Triliun Milik Surya Paloh

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan proses peletakan batu pertama (groundbreaking) gedung milik PT China Sonangol Media Investment (CSMI), sebuah perusahaan kerja sama antara PT China Sonangol Land dan Media Group. Pembangunan gedung berlantai 59 ini menghabiskan dana Rp 8 triliun.

(http://www.cnnindonesia.com/nasional/20150523122323-20-55194/jokowi-resmikan-gedung-rp-8-triliun-milik-surya-paloh/)

Selain itu, Sam Pa ditengarai masuk ke Indonesia bersama rombongan pengusaha Cina saat menilik beberapa proyek infrastruktur di Indonesia Timur. Dia leluasa masuk ke Indonesia tanpa terendus, karena punya nama alias yang lebih dari 10.

Mau kenal Sam Pa? Ngeri loh..saya juga sudah menuliskan tentang Mafia Kelas Kakap yang satu ini, Desember, Januari, dan Juni lalu..

Yang belum kenal, kenalan dulu via tulisan saya ya, cek di sini
https://www.facebook.com/deny.rahmad.1/posts/855001321197171

Sonangol China dan Copy Paste Pola VOC Belanda Dalam Penjajahan Indonesia
https://www.facebook.com/notes/deny-rahmad-sikumbang/sonangol-china-dan-copy-paste-pola-voc-belanda-dalam-penjajahan-indonesia/955954077768561

Surya Paloh, Jokowi dan Sonangol. Bagaimana akhir kesudahannya?

Mungkin perlu dibaca ulang lagi liputan TEMPO edisi 24 November 2014 "DALAM BAYANG-BAYANG PALOH"

(Deny Rahmad, MP)
Via : Piyungan Online