Kamis, 22 Oktober 2015

Facebook Ridwan Kamil Dihack setelah Ia Protes Pendukung Ahok yang Klaim Karyanya

fb ridwan kamil dihack

Salah satu pernyataan budayawan Sudjiwo Tedjo kembali menemukan kebenarannya. Pada masa kampanye pemilihan presiden lalu, Tedjo sempat mengatakan lewat akun Twitter-nya seperti ini: “Pemimpin tangan besi mematikan nyali; pemimpin yang dinabikan mematikan nalar.”
Dan, pada awal pekan ini, media sosial internet ramai membicarakan soal sungai di kawasan Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, yang bersih dan indah pula. Tampaknya, keindahan yang langka ada di Jakarta itu memancing air liur para “true believers” dari Gubernur DKI Jakarta Ahok untuk mengklaim sebagai karya pujaan hati mereka itu.
Wali Kota Bandung, Jawa Barat, Ridwan Kamil pun lalu memprotes lewat akun Facebook-nya, M Ridwan Kamil, bahwa itu bukan karya Ahok. “Itu kerjaan saya dan tim arsitek urbane & umar zain landscape utk BLD. Selesai di jaman Pak Foke,” demikian antara lain ditulis Ridwan Kamil pada status Facebook-nya.
karya ridwan kamil diklaim ahok
Namun, rupanya, ada yang menganggap akun Facebook itu palsu alias bukan milik Ridwan Kamil, karena menggunakan nama M Ridwan Kamil. Ridwan Kamil pun lalu menjelaskan bahwa dirinya punya dua akun Facebook, yang satu berupa fans page dengan nama Ridwan Kamil dan satunya lagi akun pribadi dengan nama M Ridwan Kamil.

Sebelumnya, lewat akun Twitter-nya pada Selasa kemarin (20/10), Ridwan Kamil juga menegaskan bahwa sungai di kawasan Epicentrum di Jalan HR Rasuna Said itu hasil desain firma arsiteknya dan kawan-kawan untuk Bakrieland, yang dikerjakan mulai tahun 2007 dan selesai tahun 2010.

“Hal tadi untuk meluruskan fakta. Sebaiknya biasakan argumentasi dengan fakta. Kasian Pak Ahok-nya. Saya dan beliau bersahabat baik, sangat baik,” tulis wali kota yang akrab disapa Kang Emil itu.
Usai Media Angkat Klarifikasi Ridwan Kamil Atas Klaim Pendukung Ahok, FB Kang Emil Kena Hack
 Akun Facebook pribadi Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di-hack pihak tertentu. Hal itu terungkap setelah istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya mengungkapkan hal itu melalui akunFacebook miliknya. Atalia pun meminta bantuan mengapa akun media sosial milik suaminya itu tidak lagi bisa diakses.
“Akun FB pribadi kang emil ( M Ridwan Kamil ) tdk bisa diakses oleh siapa pun..termasuk oleh kang emil sendiri…
Ada yg tahu knp ya?…
Atau ada bisa bantu?“
Sontak saja, komentar Atalia mendapat sambutan luar biasa berupa ratusan komentar dari pengikutnya. Banyak yang heran mengapa akunFacebook Ridwan Kamil sampai tak bisa dibuka sang empunya.
“Mungkin ada yg “report account”-nya, Bu. Kalau sampai ada bbrp ratus orang yg melapor (alias menuduh) akunnya offensive, biasanya langsung diblok sama FBnya. Pertanyaannya, kalau iya, siapakah para pelapor ini?” kata pemilik akun Puti Indah Genia.
Sebelumnya, Ridwan Kamil membuat klarifikasi tentang ‘kolam sungai’ hasil rancangannya di kompleks Rasuna Epicentrum, Kuningan, Jaksel. Hal itu untuk menanggani perdebatan di media sosial tentang pernyataan pendukung Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang mengklaim sungai itu bersih berkat kerja Ahok.
Ridwan Kamil pun mengklarifikasi hal itu. “Sungai Epicentrum di Rasuna itu hasil desain firma arsitek saya dkk utk Bakrieland 2007. Beres thn 2010an. *fakta,” ujarnya melalui akun Twitter, @ridwankamil.
Setelah hal ini dimuat beberapa media, sontak FB pribadi Ridwan Kamil tidak bisa diakses. Jika Sherlock Holmes ditanya siapa yang melakukan hal itu, maka dia pasti menjawab, “Siapa yang diuntungkan dengan dibloknya akun FB Ridwan Kamil?” [pn/em]