Selasa, 13 Oktober 2015

Kaki kena knalpot, jangan diolesi pakai odol ya, apalagi mentega

Kaki kena knalpot, jangan diolesi pakai odol ya, apalagi mentega

Motor saat ini sudah menjadi transportasi vital bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Namun kamu harus hati-hati jika naik motor tapi menggunakan celana pendek atau rok. Salah-salah kakimu yang mulus bisa terkena knalpot dan menyebabkan luka bakar.

Lalu bagaimana jika kaki kita sudah terlanjur terkena knalpot? Beberapa orang kebanyakan pasti akan menyarankan untuk menyembuhkannya dengan cara mengoleskan odol. Odol dipercaya mampu memberi sensasi dingin pada kulit dan menyembuhkan luka bakar. Namun kenyataannya dokter justru melarang hal tersebut.

"Sayangnya tak sedikit orang yang langsung mengolesi luka bakar dengan menggunakan pasta gigi karena dianggap meringankan luka," ujar dr. R. Aditya Wardhana SpBP-RE [K] dari RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, Selasa (30/6). "Padahal hal tersebut bukanlah cara yang tepat karena justru bisa memperparah luka dan menimbulkan infeksi."

Tak hanya odol beberapa orang juga terkadang mengolesnya menggunakan mentega. Padahal itu salah besar karena mentega justru akan menambah panas sebab mentega itu sendiri sebenarnya adalah minyak.

Langkah yang benar adalah mengalirkan air pada luka bakar selama kurang lebih 20-30 menit, lebih bagus lagi jika diberi es. Air yang mengalir dimaksudkan untuk menjaga suhu tubuh dan tidak menjalar ke jaringan kulit yang lebih dalam lagi.


Via : Brillio