Rabu, 13 Januari 2016

Catat Nich! 10 Pertimbangan Memilih Lokasi Wisata Keluarga


Masa liburan menjadi hari yang ditunggu-tunggu untuk berwisata keluarga. Ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan dalam memilih tempat wisata keluarga.

Apa saja? Berikut pertimbangan-pertimbangan itu menurut hasil jajak pendapat Litbang KORAN SINDO :

1. Budget Terjangkau (33 persen)
Budger menjadi faktor utama yang harus diperhitungkan dalam memutuskan destinasi wisata. Berbeda dengan berlibur sendiri, besarnya pengeluaran saat berpergian bersama dengan keluarga tentunya lebih menguras kantong. Oleh karena itu, perhitungan dengan tepat apa saja yang harus dikeluarkan.


2. Fasilitas yang Ditawarkan Banyak (19 persen)
Fasilitas tempat wisata menjadi pertimbangan berikutnya untuk memutuskan destinasi berlibur bersama keluarga. Banyak fasilitas menentukan banyaknya kegiatan yang bisa dilakukan di lokasi tersebut. Tempat-tempat wisata yang memiliki banyak fasilitas akan banyak disasar wisatawan karena pengunjung bisa melakukan banyak hal tanpa perlu berpindah ke tempat lain.

3. Jarak Tempuh (15 persen)
Sering kali seseorang tidak memiliki banyak waktu untuk berlibur. Jarak jauh tentu akan memakan waktu perjalanan. Wisata di dalam kota menjadi pilihan paling tepat jika tidak memiliki banyak waktu. Selain lebih irit karena tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.

4. Disetujui Oleh Semua Anggota Keluarga (7 persen)
Sering kali seseorang memiliki banyak opsi untuk beriwsata dan tak jarang pemilihan tempat wisata ini menimbulkan perdebatan di kalangan internal keluarga. Bagaimanapun agar semua anggota keluarga tetap merasakan kegembiraan saat berlibur, tempat yang dituju pastinya harus sudah disepakati oleh semua anggota keluarga.

5. Strategis (6 persen)
Lokasi strategis menjadi salah satu unsur penting dalam menentukan tempat untuk berwisata bersama keluarga. Lokasi wisata yang dituju harus mudah dijangkau serta berada di lokasi yang memungkinkan wisatawan memenuhi semua kebutuhannya, salah satunya seperti kebutuhan makanan.

6. Menawarkan Suasana Baru (6 persen)
Aktivitas sehari-hari di wilayah perkotaan membuat seseorang memiliki perasaan jenuh. Oleh karena itu, kegiatan berlibur diperlukan agar pikiran bisa kembali fresh. Hal ini membuat pemilihan lokasi menjadi hal yang penting. Tempat yang menawarkan suasana baru bagi pengunjung masuk dalam daftar prioritas saat memilih lokasi wisata.

7. Kemudahan Akomodasi (5 persen)
Faktor lain yang harus dipertimbangkan saat memutuskan lokasi liburan adalah kemudahan akomodasi. Kualitas liburan ditentukan pula oleh kualitas penginapan. Hotel-hotel yang tersebar di tempat wisata tertentu terkadang belum sepenuhnya memenuhi kualitas kenyamanan yang diinginkan. Beruntung, di era digital ini, wisatawan dapat mencari tahu sebelumnya dengan melakukan browsing via internet.

8. Tempat yang Belum Pernah Dikunjungi (5 persen)
Berpetualang di kala liburan tentu menjadi hal yang mengasyikan, terlebih dengan cara mengeksplore tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Pengalaman-pengalaman baru akan membuat liburan terasa menyenangkan.

9. Musim dan Cuaca di Tempat Liburan (2 persen)
Memilih tempat berlibur juga harus mempertimbangkan aspek cuaca. Jika Anda ingin menghabiskan waktu libur dengan mengunjungi tempat wisata outdoor, musim hujan bukan waktu tepat. Mencari informasi soal cuaca penting dilakukan terlebih jika Anda berniat melakukan liburan di luar negeri. Cuaca di lokasi harus Anda ketahui untuk mengantisipasi perlengkapan yang dibawa.

10. Dilengkapi dengan Sarana Bermain Anak (2 persen)
Berlibur bersama anak-anak adalah kegiatan sangat menyenangkan. Namun, aktivitas ini bisa berubah sebaliknya jika kebutuhan anak-anak tidak terpenuhi dengan baik. Tempat wisata yang memiliki aneka wahana anak menjadi pilihan banyak orang.
Via : Sindonews