Minggu, 10 Januari 2016

Upacara Pesta Laut Bontang Kuala

Upacara laut bontang kuala

Kota Bontang merupakan salah satu kota maju yang ada di Provinsi Kalimantan Timur. Dengan adanya 2 perusahaan besar di Kota Bontang, tidak heran jika kota yang memiliki semboyan kota taman ini, menjadi kota yang makmur dan kaya akan sumber daya alam. Masyarakatnya pun sudah tergolong makmur, meskipun masih ada yang kurang mampu.

Dan dari segi budayanya, Kota Bontang memiliki salah satu adat yang hanya dilaksanakan setahun sekali. Yaitu PESTA LAUT.


Upacara laut bontang kuala adalah perwujudan rasa, syukur dan doa kepada Tuhan, agar para nelayan senantiasa selalu dalam lindungan Tuhan dan ditahun mendatang yang akan di lalui mendapat hasil laut yang berlimpah untuk mensejahterakan keluarga nelayan.

Kebudayaan yang telah lama mengakar dan turun menurun dalam tradisi masyarakat Bontang ini, menjadi hal yang unik dan sangat indah untuk disaksikan, apalagi bila anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai sosio culture, maupun keindahan seni yang dipadukan dengan laut Kota Bontang.

Kegiatan ini diadakn setiap tahunnya di Kota Bontang, diantara Bulan November-Desember. Namun, tidak mempunyai kejelasan pada kalender masehi, dikarenakan sebelum kegiatan diadakan ritual khusus dalam penentuan hari upacara, yang dilakukan para petinggi adat, dengan melihat gejala alam dan membaca bintang.

Upacara laut ini, menjadi salah satu acara tahunan yang dimana hampir melibatkan seluruh lapisan masyarakat, dikarenakan hampir seperempat warga Kota Bontang berkumpul dalam satu tempat untuk menyaksikan dan ikut berkreasi dalam kegiatan perlombaan kesenian dan budaya Dinas Pariwisata.