Jumat, 18 Maret 2016

5 Orang Paling Berpengaruh di Internet

5 Orang Paling Berpengaruh di Internet

Tak mengherankan bila internet sering disebut sebagai dunia maya sebab internet memang memiliki 'dunia' sendiri. Juga tak jarang dunia maya menjadi ranah paling tepat bagi sebagian orang untuk menyatakan pendapat dan kritik.

Oleh sebab itu, banyak orang memilih internet sebagai media untuk mengajak massa atau menyuarakan aspirasi dalam rangka menggaet lebih banyak orang terlibat. Bahkan, pengaruh sejumlah orang di internet juga terkadang lebih kuat ketimbang pengaruh sejumlah orang lainnya di dunia nyata.

Beberapa waktu lalu, majalah Time merilis daftar tahunan orang-orang paling berpengaruh di internet. Masuknya orang-orang tersebut ke dalam daftar ini dilihat dari dampak penggunaan media sosial dari masing-masing orang tersebut, dan kemampuan mereka untuk menghasilkan berita.

Berikut ini rangkuman daftar orang berpengaruh di internet, yang dikutip Tim Tekno Liputan6.com, dari laman Time, Jumat (18/3/2016).

1. Kanye West
Musisi sekaligus entrepreneur Kanye Westmemang dikenal sebagai sosok kontroversial. Melalui kicauan di Twitter dan tingkah lakunya, suami Kim Kardhasian ini berhasil menyedot perhatian para netizen.

Salah satu unggahan yang cukup menarik perhatian adalah ketika West mengomentari komedian Bill Cosby dan mantan kekasihnya, Amber Rose. Selain itu, ia juga pernah menuturkan masih memiliki utang sebesar US$ 53 juta atau sekitar Rp 693 miliar.

Kabar terbaru adalah West menolak untuk menjual rilis LP terbarunya, The Life of Pablo, di pasaran. Ia memilih untuk memperdengarkan lagu baru di LP itu di layanan streaming musik miliknya, Tidal.

2. J.K Rowling
Kisah Harry Potter memang telah berakhir, tapi bukan berarti kiprah J.K Rowling sebagai penulis novel terlaris itu berhenti. Rowling diketahui masih terus menyebarkan kisah Harry Potter melalui Twitter dan situs Pottermore.

Melalui Pottermore, Rowling memperluas kisah Harry Potter yang belum diketahui banyak pembaca. Mulai dari alasan Hagrid tidak bisa membuat Patronus, hinga sejarah sihir di Amerika Utara.

Rowling sendiri juga cukup vokal mengomentari beberapa kasus. Salah satunya, ia pernah mengomentari anggota parlemen Skotlandia, membandingkan Donald Trump dengan Voldemort, dan mendukung para penggemar yang tengah depresi.

3. Felix Arvid Ulf Kjellberg alias PewDiePie
Pria asal Swedia ini berhasil menyedot perhatian netizen dengan tingkahnya ketika memainkan sebuah game. Kanal YouTube miliknya saat ini sudah memiliki 42,7 juta subscribers. Angka tersebut membuat kanal PewDiePie mengalahkan jumlah subscribers di beberapa jaringan TV.

Berkat popularitasnya, PewDiePie digandeng YouTube untuk menghadirkan konter asli bagi subscribers layanan Red. Selain itu, ia juga baru direkrut Disney Maker Studio untuk menjadi produser konten orisinal bagi RevelMode, sebuah jaringan virtual baru.

4. Donald Trump
Saat ini Donald Trump menjadi salah satu orang yang menarik perhatian. Dengan statusnya sebagai bakal calon presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, ia tak segan-segan mengomentari bakal calon lainnya melalui akunTwitter miliknya.

Misalnya, Trump pernah menyebut Megyn Kelly sebagai 'bimbo' dan memanggil saingannya Marco Rubio sebagai 'Little Marco'. Ocehan tersebut berhasil menarik perhatian lebih banyak pengikut di Twitter.

Saat ini, Trump hampir memiliki 7 juta followers di Twitter. Jumlah tersebut melampaui jumlah followers bakal calon presiden lainnya, termasuk Hillary Clinton yang juga digadang-gadang sebagai bakal calon kuat dari Partai Demokrat.

5. Cristiano Ronaldo
Bicara soal pemain sepak bola terbaik saat ini, Cristiano Ronaldo adalah sosok yang sering disebut. Kepiawaian Ronaldo mengolah bola di lapangan, ternyata berpengaruh pula pada popularitas pria asal Portugal itu di dunia maya.

Ronaldo disebut sebagai salah satu atlet terpopuler di media sosial saat ini. Bahkan, ia mendapat julukan King of Facebook sebab memiliki pengikut mencapai 110 juta. Tak hanya itu, ia juga masuk ke dalam jajaran selebritis dengan jumlah followers mencapai 200 juta yang berasal dari Facebook, Twitter, dan Instagram.

Tiap unggahan Ronaldo di Facebook dan Instagram berhasil menarik perhatian netizen rata-rata hingga 1 juta interaksi. Hal itu juga yang membantu Ronaldo memperoleh pemasukan US$ 27 juta atau sekitar Rp 353 miliar per tahun, sebagai bagian dari kerja sama dengan beberapa merek.
Sumber : Lip6