Selasa, 29 Maret 2016

Jangan konsumsi FG Troches sembarangan!

Salam sehat teman semua! Semoga sehat dan semangat selalu, okay! Seminggu belakangan ini kesehatan keluarga agak sedikit terganggu, pasalnya ibu dan adik saya terserang gejalayang tidak menyenangkan yang bikin harus istirahat. Badan panas dingin meriang, nafsu makan menurun, dan tenggorokan meradang. Sangat tidak mengenakkan. Terutama soal radang tenggorokan, serba salah rasanya, bicara sulit, menelan sakit, padahal pada saat sakit kita harus memperbanyak asupan makanan dan cairan.

Terus gimana nih solusinya? Dari obat yang dikonsumsi sebagai pereda gejala sakit tersebut salah satunya adalah Troches. Lalu muncul pertanyaan berikut, “troches itu obat radang tenggorokan bukan sih? (sambil ngemut troches)” Apa itu troches? Saya sendiri baru tau ada obat bermerk ini beberapa tahun lalu waktu mas suami (waktu itu masih pacar) sakit tenggorokan dan konsumsi obat tersebut. “Obat tenggorokan, rasanya kayak permen,” katanya begitu. Saya waktu itu hanya ber-ooo saja karena memang baru tahu. Terus troches sendiri itu obat macam apa sih? Karena penasaran, guglinglah saya.

Dari keterangan situs yang saya baca, troches (nama dagang: FG Troches) adalah obat golongan antiseptik mulut dan tenggorokan, yang berguna membantu membunuh bakteri penyebab penyakit di mulut dan tenggorokan. Troches ini mengandung antibiotik dan dikonsumsi dengan cara dihisap, dosis untuk anak adalah 1tablet, dan dewasa 1-2tablet. Dosis tersebut bisa dikonsumsi 4-5kali sehari.

Loh, ternyata obat ini mengandung antibiotik lho, dan setahu saya antibiotik tidak boleh dikonsumsi sembarangan. Dan sepengetahuan saya, kebanyakan radang tenggorokan itu berasal dari virus, jadi gak cocok kalau diobati menggunakan antibiotik, karena antibiotik adalah obat untuk penyakit-penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Terus berarti salah dong kita? Yuk mari, kita cari tau lebih lanjut. Berikut ini adalah potongan kultwit dari @SobatObat

— Sobat Obat (@SobatObat) January 22, 2013





Dari kumpulan twit @SobatObat kita dapat membaca informasi lebih lanjut soal obat troches. Troches bisa digunakan untuk mengobati masalah tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri. Dan bahwa sebaiknya penggunaan obat ini tidak sembarangan dan harus dengan resep dokter. Selain itu penggunaan antibiotik yang tidak tepat secara berulang kali bisa menimbulkan efek kebal, sehingga suatu penyakit tidak akan mempan dengan obat yang sama.

Demikian sedikit info soal obat troches yang saya tahu dan bisa saya share ke teman-teman semua. Belajar melek soal obat yang kita konsumsi yuk, sehingga bisa tepat guna dan tidak merugikan tubuh kita sendiri. Jangan lupa untuk olahraga dan konsumsi sayur buah. Ciaooo!
Sumber : gulangguling.com