Minggu, 20 Maret 2016

Ketika Kamu Bangun Tidur, Jangan Langsung Bereskan Tempat Tidur Kamu, Ini Bahayanya! Sebarkan!

Ingat lagu anak-anak yang mengajarkan apa yang harus dilakukan begitu bangun tidur? Salah satunya adalah membereskan tempat tidur. Namun laporan penelitian terbaru justru bertolak belakang dengan anjuran untuk ‘anak yang baik’ itu.
Anda justru dianjurkan untuk tidak buru-buru membereskan ranjang begitu bangkit dari tidur. Langsung membereskan tempat tidur diduga malah buruk untuk kesehatan Anda.
Teorinya demikian, seperti dikutip dari Huffington Post : jika Anda buru-buru membereskan ranjang, seprai yang terpasang kencang akan memperangkap tungau dan debu di dalam kasur.
Ternyata Bahaya, Jika Bangun Tidur Langsung Membereskan Tempat Tidur
Sementara ranjang yang belum dibereskan dan dibiarkan terbuka akan sebaliknya. Makhluk-makhluk tak terlihat itu akan terpapar udara terbuka. Belum lagi sinar matahari akan membuat tungau jadi dehidrasi.
Tungau, makhluk yang ini terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang. Namun diperkirakan ada sekitar 1,5 juta yang hidup di ranjang bersama saat Anda tidur semalaman. Lalu mereka akan makan remah-remah sel kulit mati, keringat dan inilah yang bisa memicu asma dan masalah alergi.
Mengutip Good Housekeeping, Dr Stephen Pretlove dari Kingston University beberapa waktu lalu mengatakan tungau suka hidup di tempat yang lembab dan hangat.
“Jadi meninggalkan ranjang tanpa dibereskan akan menghilangkan kelembaban dari permukaan kasur, sehingga tungau dehidrasi dan mati.”
Carolyn Forte, direktur laboratorium kebersihan di Institut Good Housekeeping, mengatakan hal yang sama. Memang karena tungau ada dimana-mana, meninggalkan ranjang dibereskan atau tanpa dibereskan tidak memberi banyak pengaruh.
“Hanya saja cukup bijak meninggalkan ranjang tanpa langsung dibereskan untuk sementara waktu di pagi hari untuk memberi kesempatan keringat Anda dari malam hari mengering,” kata Forte.
Forte menyarankan untuk membereskan tempat tidur setelah Anda sarapan dan siap memulai hari adalah yang paling ideal. “Jangan lupa pula untuk mengganti seprai setiap satu atau dua pekan dan jangan lupa untuk mengganti sarung bantalnya juga.”
Khususnya untuk mereka yang memang mengidap alergi ganti bantal setiap dua tahun, mencucinya juga secara rutin, dan vakum permukaan kasur dan bantal setiap ada kesempatan.

Kabar Positif dan Kabar Negatif Serta Informasi Viral dan Trending Topics
netnit.net