Kamis, 24 Maret 2016

Makanan Jatuh ke Lantai 'Belum 5 Menit', Masih Boleh Dimakan? Pandangan Medis

Makanan Jatuh ke Lantai 'Belum 5 Menit'
Seringkali kita mendengar bahwa makanan masih bisa dikonsumsi walaupun sudah jatuh ke lantai, selama jatuhnya masih sebentar dan belum lama. Seperti apa faktanya?

Menurut Steven Dowshen, MD, dari Alfred I. duPont Hospital for Children, Washington, teori yang menyebutkan bahwa makanan yang sudah jatuh ke lantai masih aman untuk dikonsumsi asalkan belum 5 detik atau 5 menit sama sekali tak benar.

"Tak perlu waktu beberapa detik, bakteri dapat langsung hinggap ke makanan begitu jatuh ke lantai. Mulai dari makanan dengan permukaan basah seperti sepotong apel, sampai makanan kering seperti biskuit," ungkap Dowshen, seperti dikutip dari Kids Health,Minggu (2/8/2015).

Dowshen menambahkan bahwa semakin lama makanan 'terjatuh' di lantai, maka semakin banyak bakteri yang hinggap dan akhirnya menumpuk. Meskipun demikian, bukan berarti jika cepat lantas makanan jadi aman. Makanan yang terjatuh tetap bisa terkontaminasi.

"Lantai yang tampaknya bersih juga tetap memiliki banyak kuman dan bakteri yang tak kasat mata," imbuh Dowshen.

Alasannya, sebagian besar jenis kuman dapat bertahan di lantai untuk waktu yang lama. Dowshen pun berpesan, langkah terbaik jika ada makanan yang terjatuh ke lantai adalah segera membuangnya dan jangan berpikir untuk memakannya lagi.