Rabu, 30 Maret 2016

Tips Cara Maksimalkan Spotify

Cara Maksimalkan Spotify

Aplikasi smartphone berbasis layanan streaming musik Spotify sudah bisa dinikmati di Indonesia. Namun, untuk memaksimalkan penggunaan ada beberapa trik yang harus dilakukan.

Berikut ini beberapa cara memaksimalkan aplikasi smartphone Spotify sebagaimana dilansir Detik, Rabu (30/3/2016):

Pilih Offline untuk Hemat Data

Apabila Anda menggunakan layanan premium maka dimungkinkan mengunduh lagu atau playlist. Alhasil kita tetap bisa mendengarkan lagu di saat tidak terkoneksi Wifi atau sinyal seluler. Cara ini juga dapat menghemat penggunaan data Internet.

Untuk mengunduh lagu atau playlist cukup mudah. Disarankan menggunakan koneksi Wifi agar kuota data seluler Anda tidak terkuras. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan:

- Ketika membuka playlist, geser tombol pada opsi Available Offline ke kanan.

- Buka sebuah lagu, lalu geser opsi Available Offline ke kanan atau bisa juga terlebih dulu tekan Save, lalu tekan ikon menu di pojok kiri atas, pilih Your Music dilanjutkan dengan Song. Kemudian geser tombol opsi Availbale Offline ke kanan untuk menyimpan semua lagu.

Memaksimalkan Kualitas Suara

Spotify menawarkan tiga pilihan kualitas suara, yakni Normal, High dan Extreme Quality. Kualitas suara tersebut dapat dipilih pada opsi streaming atau download. Tapi perlu diingat semakin tinggi kualitas suara maka ukuran lagu akan makin besar saat diunduh dan lebih banyak data saat di-streaming. Berikut ini cara pengaturan Spotify:

Tekan menu utama di pojok kiri atas.
Tekan ikon Gear di pojok kanan bawah untuk masuk ke bagian Settings.
Pada IOS tekan opsi Streaming Quality. Sementara di Android, scroll hingga menemukan Music Quality.
Anda tinggal memilih kualitas audio pada opsi Streaming dan Download.

Kita juga dimungkinkan untuk mengatur equalizer. Pada IOS, pengaturannya dapat dilakukan pada bagian Settings, lalu buka PlayBack, scroll hingga menemukan Equalizer. Sementara di Android, berada pada bagian Music Quality.

Desktop

Selain di perangkat smartphone dan tablet, kita dapat mendengarkan koleksi Spotify lewat desktop atau notebook. Caranya dengan mengunduh aplikasi Spotify untuk Windows dan OS X.

Cukup buka situs Spotify kemudian Login. Setelah masuk, tekan opsi download di bagian atas. Setelah diunduh, lakukan instalasi. Tidak membutuhkan waktu lama untuk menginstal aplikasi ini.

Secara tampilan sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan versi mobile. Kita dapat mendengarkan koleksi secara offline, namun menariknya tersedia fitur Lyric. Sehingga kita dapat ikut bernyanyi tanpa perlu hafal atau mencari liriknya terlebih dulu. Untuk menampilkannya, cukup tekan tombol Lyrics di bagian bawah.

Playlist

Bingung ingin mendengarkan musik apa? Kita dapat dengan mudah mencarinya dengan menekan Browser pada menu utama. Di bagian atas akan tampil sejumlah playlist yang mungkin cocok didengarkan saat itu atau scroll ke bawah, kita akan menemukan pilihan playlist yang disesuikan dengan genre dan mood.

Kita dimungkinkan untuk membuat playlist sendiri. Caranya dengan membuka sebuah lagu, tekan ikon tiga titik, lalu pilih opsi Add to Playlist. Tekan tombol + untuk membuat playlist baru. Lakukan langkah yang sama pada lagu lain yang ingin dimasukkan ke dalam playlist.

Menariknya lagi, kita dapat membuat playlist bersama dengan teman. Langkahnya cukup buat playlist baru atau gunakan yang telah ada. Lalu tekan tombol tiga titik di bagian kanan atas, pilih opsi Make Collaborative. Setelah itu, tekan kembali ikon tiga titik tadi, kemudian pilih opsi Share. Kirim link kepada teman Anda yang ingin diajak berkolaborasi.

Untuk menghapus playlist di IOS, tekan tombol Edit diikuti tombol merah. Begitu muncul opsi Delete, tekan untuk menghapus playlist. Sementara di Android cukup tekan ikon tiga titik, lalu pilih Delete Playlist.

Local Music

Bila di dalam perangkat sudah tersimpan lagu, kita dapat mendengarkannya menggunakan Spotify. Caranya dengan menekan tombol menu utama di kiri atas, pilih Your Musik, tekan Local File.

Remote

Kita dapat memanfaatkan Iphone atau Android sebagai remote saat memutar musik di Komputer. Langkahnya putar sebuah lagu, di bagian bawahnya terdapat Device Available. Ketika menekannya akan muncul pilihan perangkat mana yang akan diputar. Tekan Desktop bila ingin memutar di notebook, atau This Phone untuk tetap mendengarnya di ponsel.

Facebook

Layanan aplikasi smartphone Spotify dapat dikolaborasikan dengan Facebook. Sehingga apa yang tengah didengar akan terposting di Facebook. Selain itu kita bisa melihat teman yang di Facebook sedang mendengarkan musik apa. Untuk mengolaborasikan Facebook dalam Spotify, tekan opsi Social di bagian Settings.

Nah, bila musik yang tengah Anda dengar tidak ingin terposting di Facebook. Pilih opsi Private Session di tempat pengaturan yang sama. Seperti dilansir Liputan6.com, Rabu, bagi yang ingin mencicipi aplikasi smartphone Spotify terdapat dua pilihan layanan yaitu free dan premium. Proses aktivasi akun juga cukup mudah, pengguna mendaftar dengan mengisi kolom username, email dan password.

Untuk layanan Premium, dikenakan biaya berlangganan Rp49.900 per bulan. Namun untuk tahap awal, Anda bisa menjajal versi uji coba Premium dengan gratis selama 30 hari.

Terdapat sejumlah perbedaan dari sisi keunggulan di layanan free atau premium. Apabila versi free hanya bisa memainkan musik secara acak, pengguna premium bisa menikmati layanan musik tanpa iklan.