Kamis, 20 Oktober 2016

Minum Kopi Memicu Buang Air Besar, Kenapa?

Minum Kopi Memicu Buang Air Besar

Jakarta: Sebagian besar orang langsung mulas dan buang air besar setelah minum secangkir kopi. Apakah Anda tahu apa penyebabnya?

Kopi meningkatkan kontraksi di usus Anda yang mengaktifkan rasa ingin buang air besar segera setelah tinja bergerak ke rektum. Kafein dikenal sebagai rangsangan yang memainkan peran untuk mempercepat usus Anda.

Tapi, ini bukanlah satu-satunya penyebab. Para ahli memiliki teori, yakni hanya dalam beberapa menit setelah Anda menenggak kopi, satu atau lebih dari ratusan senyawa memicu produksi hormon tertentu dalam tubuh Anda seperti motilin, yang merangsang kontraksi, atau usus gastrin yang menyebabkan sekresi asam dalam perut Anda. Itulah yang memicu buang air besar.

Namun, ilmuwan mengatakan itu juga mungkin merupakan kombinasi dari segala sesuatu yang terlibat dalam aktivitas harian Anda di pagi hari. Memang, sebagian orang mengalami buang air besar teratur di pagi hari.

Di pagi hari, usus Anda dua kali lebih aktif karena irama tubuh sirkadian Anda. Sarapan yang diakhiri minum kopi memicu kontraksi kolon yang membuat Anda mulas dan buang air besar.

Jika tak ingin buang air besar di pagi hari, pastikan untuk menghindari kopi sekitar dua jam setelah bangun tidur. Ini akan memberikan usus Anda cukup waktu untuk menenangkan diri di pagi hari.

Selain itu, ketika Anda sudah minum secangkir kopi di pagi hari, cobalah tidak menggabungkannya dengan makanan atau olahraga, karena bisa membuat usus Anda bereaksi untuk segera membuang kotoran.





metrotvnews.com